Jumat, 20 April 2012

Template Blog Yang SEO Friendly

Template blog yang di sediakan oleh blogger bukanlah sebuah template yang SEO friendly di mata mesin pencari (search engine). Untuk mengatasi hal tersebut kita harus melakukan banyak perubahan untuk mendapatkan template yang SEO friendly. Tapi bagaimana caranya ? Tenang pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips agar blog bisa memiliki template yang SEO friendly. Tips ini saya dapati ketika berkunjung ke blog juragan beberapa waktu yang lalu. 

Gak perlu berpanjang lebar lagi pembukaannya, takut ntar malah gak jadi membagi tips. Berikut adalah beberapa hal yang bisa di lakukan agar template blog tampil SEO friendly.

1. Judul Halaman / Postingan
Pada template bawaan blogger biasanya menampilkan format untuk judul postingan adalah JUDUL BLOG : JUDUL POSTINGAN, untuk menjadikan blog kita SEO friendly seharusnya format tersebut berbentuk JUDUL POSTINGAN : JUDUL BLOG. Untuk membuat blog tampil seperti ini, hal yang harus di lakukan adalah :
Masuk ke menu template lalu pilih edit HTML, setelah ini cari kode <title><data:blog.pageTitle/></title
untuk lebih mudahnya bisa menggunakan CTRL + F. Setelah kode tersebut di temukan, ganti kode tersebut dengan kode berikut ini.

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> | Keyword | Keyword </title>
</b:if>

catatan : ganti tulisan yang di tebalkan dengan kata kunci blog sobat.

2. Menambahkan Meta Tag
Mesin pencari seperti mbah google sangat menggemari sebuah blog atau website yang jelas isi dan temanya. Untuk memenuhi persyaratan seperti ini, blog harus memiliki meta deskripsi dan meta keyword yang jelas agar bisa di terima dengan baik oleh si mbah. Untuk melakukan hal ini, cara nya adalah :
Masuk ke menu Template lalu pilih edit HTML, setelah itu tekan CTRL+F untuk menemukan kode seperti ini <b:skin><![CDATA[/* setelah kode ini di temukan, lalu masukkan kode berikut ini tepat di atas kode tersebut

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Deskripsi Blog" />
<meta name="keywords" content="Kata Andalan , Kata Andalan, Kata Andalan, Kata Andalan, Kata Andalan" />
</b:if>

Catatan : ganti kata Deskripsi Blog dengan deskripsi blog sobat, Kata Andalan juga sobat ganti dengan Keyword yang sobat gunakan

3. Mematikan Menu Arsip
Mesin pencari seperti google.com sangat membenci yang namanya konten ganda, oleh karena itulah makanya menu arsip di blog harus di matikan. Logikanya adalah, jika di satu halaman terdapat dua link yang menuju satu halaman yang sama berarti halaman yang di tuju tersebut oleh mesin pencari di anggap sebagai konten ganda. Untuk mengatasi hal ini caranya cukup sederhana, yakni masuk ke menu template lalu klik edit HTML, setelah itu cari kode <head> untuk lebih cepat gunakan CTRL+F. Setelah kode tersebut di temukan letakkan kode berikut ini tepat di bawah kode tersebut.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/></b:if>

4. Tambahkan kode ‘rel=canonical’
Apa fungsi kode ini untuk blog ? kode ‘rel=canonical’ ini lebih kurang seperti hak paten atas isi blog sehingga konten yang ada di blog tidak di anggap hasil COPAS dari lokasi lainnya jika kebetulan memiliki materi yang sama. Untuk menambahkan kode ini, silahkan buka template lalu pilih edit HTML. Cari kode <head> menggunakan CTRL+F. Setelah kode tersebut di temukan, letakkan kode berikut ini tepat di bawah kode yang di cari sebelumnya.

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />

Itulah sedikit tips yang bisa di lakukan agar tampilan template blog menjadi lebih SEO friendly. Jika ada kekurangan saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semuanya.

1 komentar: