Jumat, 04 Mei 2012

Cara Mudah Membuat Menu Navigasi Di Blog

NBC Blog - Cara mudah membuat menu navigasi di blog adalah tips berikutnya yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Berbeda dengan teknik sebelumnya yang menggunakan script untuk membuat menu navigasi, untuk kali ini pembuatan menu navigasi tidak membutuhkan script khusus. Rekan-rekan tidak salah baca kok, karena memang begitu adanya :-D.

Ok, tanpa banyak bicara kita mulai saja ya langkah-langkah untuk melakukan hal ini. Seperti biasa, rekan-rekan terlebih dahulu login ke akun blogger masing-masing. Setelah masuk ke blog, pilih menu LAMAN. Tampilan yang muncul setelah melakukan kegiatan ini lebih kurang seperti gambar berikut.
Setelah muncul tampilan di layar seperti menu di atas, tindakan selanjutnya adalah menentukan posisi letak dari menu navigasi yang akan kita buat. Pilihannya bisa di samping kanan ataupun di atas halaman blog (di bawah nama blog) dengan cara mengarahkan kursor (mouse) ke arah "Tampilkan Laman Sebagai :" Tampilan yang muncul lebih kurang seperti gambar berikut ini.
Setelah memilih posisi letak dari menu tersebut, langkah selanjutnya adalah menentukan tampilan isi dari menu tersebut. Apakah menu yang di buat akan mengarah ke artikel (pada bagian ini, kita di minta untuk membuat artikel baru) atau ke link lainnya. Langkah ini di lakukan dengan mengarahkan kursor ke bagian "Laman Baru". Tampilan yang muncul lebih kurang seperti yang di tunjukkan oleh gambar berikut.
Setelah melewati tahapan di atas, selanjutkan adalah mengisikan data-data yang di perlukan. Dalam contoh ini, menu navigasi blog akan di arahkan ke link lainnya (artikel yang sudah ada). Langkah yang di lakukan adalah navigasi berada di tab atas dan laman baru dalam bentuk alamat web. Setelah itu maka akan muncul tampilan baru untuk mengisi data yang di perlukan, setelah data di isi sesuai kebutuhan lalu klik simpan (save). Langkah ini bisa di lihat seperti pada gambar di bawah ini.
Setelah melakukan empat langkah di atas, jangan lupa simpan hasil kerja kita dengan cara mengklik tulisan "SIMPAN SETELAN" yang terdapat di pojok kanan atas. Setelah itu, lihat tampilan blog rekan-rekan. Sebuah halaman blog yang memiliki menu navigasi baru, yang di buat tanpa menggunakan script sama sekali.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mudah membuat menu navigasi di blog. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya. Terakhir saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya. :-$

3 komentar:

  1. Saya coba terpakan , trims ya...di tunggu kunjungan baliknya.

    BalasHapus
  2. okey mau coba, jangan lupa kunjungi juga http://gameveloper.blogspot.co.id/ ya gan

    BalasHapus