Selasa, 01 Mei 2012

Cara Mematikan atau Disable Klik Kanan Pada Blog

NBC Blog - Cara mendisable atau mengunci klik kanan pada blog adalah menu yang kita bahas bertepatan dengan hari buruh sedunia pada 1 Mei 2012 kali ini. Adapun tujuan untuk mendisable atau mengunci klik kanan pada blog ini adalah untuk mengurangi tindakan copy paste materi artikel. Meskipun dengan cara ini tidak 100% bisa mencegah artikel blog bebas dari kegiatan para Copaster sejati namun dengan menggunakan teknik ini, kita bisa meminimalisir hal tersebut.

Setelah tau apa itu manfaat dari penggunaan teknik disable klik kanan pada blog, sekarang saatnya kita lakukan tindakan nyata untuk mengaplikasikannya. :-D Untuk menggunakan script ini, teman-teman seperti biasanya login ke akun blogger masing-masing. Setelah itu pilih tata letak -->> tambah/edit gadget -->> HTML/Java script, setelah itu masukkan kode berikut ini :

<SCRIPT language=JavaScript>
var message = "Warning !! Klik Kanan Mouse Anda Rusak";
function rtclickcheck(keyp){ if (navigator.appName == "Netscape" && keyp.which == 3){ alert(message); return false; }
if (navigator.appVersion.indexOf("MSIE") != -1 && event.button == 2) { alert(message); return false; } }
document.onmousedown = rtclickcheck;</SCRIPT>

Setelah selesai, lalu simpan hasil kegiatan tersebut dan coba melakukan klik kanan pada blog yang teman-teman miliki. Ketika melakukan klik kanan pada blog, maka akan muncul pesan : Warning !! Klik Kanan Mouse Anda Rusak.

Catatan : tulisan yang di tebalkan pada kode di atas bisa di ganti sesuai selera masing-masing.

Itulah informasi yang bisa saya bagikan kepada teman-teman tentang bagaimana cara mematikan klik kanan pada blog. Semoga informasi ini bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar